Nomor Pertandingan Siap Dikirimkan Untuk Sea Games 2011

Panitia penyelenggara SEA Games XXVI/2011, Inasoc, memastikan jumlah nomor yang akan dipertandingkan di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan kurang dari 500. Jumlah yang sudah berkurang dari jumlah sebelumnya yang mencapai 577 nomor itu siap didistribusikan ke negara peserta pesta olahraga dua tahunan negara Asia Tenggara itu.

Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo, Senin (24/1), seusai rapat dengan Inasoc mengungkapkan, potensi medali dari nomor yang dikurangi menjadi pertimbangan pengurangan. Untuk nomor cabang olimpiade, panitia tidak mengurangi karena merupakan nomor wajib yang mesti dipertandingkan.

”Di antaranya nomor-nomor atletik 100 meter dan 200 meter. Demikian juga untuk nomor-nomor dari cabang renang. Itu nomor-nomor yang selalu dipertandingkan,” ujar Rita.

Jumlah nomor yang sudah berkurang, ujar Rita, akan dikirimkan ke negara peserta SEA Games, Selasa (25/1). ”Itu akan menjadi bahan pembicaraan dalam pertemuan Dewan SEA Games awal Februari 2011. Setiap negara akan memberikan masukannya dan diharapkan segera mengerucut ke jumlah pasti,” ujar Rita.

Dengan begitu, kata Rita, setiap negara bisa segera melatih atletnya sesuai nomor dari cabang yang dipertandingkan.

Deputi I Inasoc Djoko Pramono berujar, segera dikirimkannya jumlah nomor yang diputuskan Inasoc ke negara peserta SEA Games akan menjawab keluhan mereka. Sesuai dengan peraturan penyelenggaraan pesta olahraga dua tahunan di kawasan Asia Tenggara itu, jumlah nomor dan cabang yang akan dipertandingkan idealnya sudah dikirim ke negara peserta sekitar satu tahun sebelum penyelenggaraan pertandingan.

”Kita malah baru mengirim sembilan bulan sebelum pertandingan. Negara peserta sudah terus-menerus menelepon Ketua Umum ataupun saya. Namun, besok jumlah nomor sudah siap dikirimkan dengan jumlah nomor yang sesuai dengan keinginan Menpora, kurang dari 500 nomor,” ujar Djoko.

Rita menambahkan, untuk promosi dan pemasaran SEA Games, Inasoc sudah akan bergerak pada minggu ini. “Desain baliho ataupun iklan tengah dibuat dan akan dikirim juga ke Sumatera Selatan untuk dicetak. Titik seperti bandar udara, jalan-jalan protokol, ataupun pusat perbelanjaan akan menjadi titik yang penting untuk dipasangi baliho-baliho itu,” ujar Rita.

Secara terpisah, Seskemenpora Wafid Muharam mengatakan, menindaklanjuti kunjungan Wapres Boediono dan Menpora Andi A Mallarangeng ke Palembang, Jumat (21/1), Kemenpora sudah membentuk tim pemantau dan evaluasi. Tim terdiri atas unsur Kemenpora, Inasoc, pengurus induk cabang olahraga, dan KONI/KOI. ”Tim akan ke Palembang Rabu (26/1). Tim akan memantau dan mengawasi pembangunan fasilitas pertandingan di sana,” ujar Wafid.

Leave a comment