Daftar Pemenang Bali Marathon 2012 Beserta Catatan Waktunya

Pelari maraton asal Kenya, Lilan Kennedy Kiproo menjuarai BII Maybank Bali Marathon di Gianyar, Minggu (22/4/2012) dengan catatan waktu dua jam, 16 menit dan 54 detik. Dia berhak menerima hadiah sebesar USD 20.000 yang diserahkan oleh Presiden Direktur BII Dato’ Khairussaleh bin Ramli dalam award ceremony di Race Central, Bali Safari & Marine Park, Gianyar.

Di bagian putra ini, dua pelari Kenya lain, Luke Kipkemoi dan Wilson Chepkwony, menyentuh garis finis kedua dan ketiga. Wilson mencatatkan waktu 02:17:00, sedangkan Wilson 02:18:23 jam.

Di bagian putri, pelari Kenya lain Winfridah Kwamboka dan Elizabeth Jeruiyot, menyentuh garis finis pertama dan kedua. Winfridah menyentuh garis finis dengan catatan waktu 02:42:48, sedang Elizabeth mencatatkan waktu 02:43:35.

Tempat ketiga diraih pelari asal Kanada, Kari Eliot dengan waktu 03:07:13 jam.

Sebagai juara, Kiproo dan Kwamboka berhak atas hadiah uang masing-masing 20.000 dollar AS.

Khusus untuk kategori pelari Indonesia, pelari asal Karangasem, IG Gede dengan catatan waktu 02:38:39 atau terpaut hampir 12 menit dari Lilan Kennedy Kiproo yang menjuarai maraton terbuka.

Finis kedua dan ketiga ditempati pelari M Ishari (02:51:19) dan Novi Gunawan yang waktu tempuhnya di atas tiga jam, tepatnya 03:11:33.

Di bagian putri, pelari kawakan Supriato Sutono menyentuh finis pertama dalam waktu 03:07:50, diikuti Erni Ulatningsih (03:11:28) dan Novita Andriyani (03:39:44).

Pelari asal Afrika mendominasi lomba lari BII Maybank Bali Marathon 2012 di Gianyar, Bali, Ahad (22/4). Lomba lari marathon terbesar di Indonesia ini dibagi dalam tiga kategori, yakni Full Marathon berjarak 42 kilometer, Half Marathon yang berjarak 21 km, dan 10-K yang berjarak 10 km.

Lomba lari marathon pertama ini diikuti lebih dari 2.000 peserta dari Asia, Australia, Eropa, Afrika. Satu di antaranya adalah Juara Dunia Marathon 2007 yang juga juara Singapore Marathon 2008 dan 2009, Luke Kibet, asal Kenya. Ada juga Sue dan Andrew O’Brien, pasangan suami istri pelari dan motivator dari Australia yang pernah bersama-sama mengikuti delapan lomba marathon di delapan negara dalam delapan minggu.

Luke Kibet tampil sebagai juara kategori Half Marathon. Ia menyelesaikan lomba kurang dari 40 menit. Sedang kategori 10-K disabet rekan Kibet, yakni Ones Musmundi. Kemenangan Kenya lengkap sudah dalam lomba lari ini setelah Kennedy Kiful menjuarai Full Marathon. Kennedy pun berhak membawa hadiah uang sebesar Rp200 juta. Di bawah masing-masing juara terdapat pelari-pelari Afrika lainnya.

Sementara para pelari dalam negeri harus mengakui ketangguhan para pelari luar negeri. Tak satupun pelari lokal yang meraih gelar. Berbeda dengan lomba lainnya, seluruh peserta yang mencapai garis finis, tetap mendapat medali sebagai penghargaan atas partisipasi mereka di lomba lari ini.

Sebagian peserta mengaku kesulitan menjalani lomba lari ini. Selain rute medan yang banyak menanjak, juga terik cuaca sangat menguras tenaga para peserta. Namun umumnya mereka puas bisa mengikuti lomba ini, dan berjanji akan kembali mengikuti lomba di tahun mendatang

Juara dunia lari marathon tahun 2007, Luke Kibet, akan meramaikan “BII Maybank Bali Marathon” yang diselenggarakan PT Bank Internasional Indonesia dan untuk pertama kalinya diselenggarakan di tanah air pada 22 April 2012.

“Kami senang melihat animo para pendaftar baik pelari profesional maupun umum. Hal ini juga berkat dukugan rekan-rekan penggemar olah raga lari beserta komunitasnya, baik dalam maupun luar negeri yang menyampaikan informasi kepada rekan-rekannya secara luas,” sebut Pjs Direktur Utama BII, Rahardja Alimhamzah di Jakarta, Kamis.

BII telah membuka pendaftaran secara online sejak 16 Desember 2011. Di antara pendaftar terdapat pelari profesional asal Kenya, Luke Kibet. Ia juga pemenang Singapore Marathon tahun 2008 dan 2009.

Di samping itu juga terdapat Sue dan Andrew O’Brien, pasangan suami istri pelari dan motivator dari Australia yang pernah bersama-sama mengikuti delapan lomba marathon di delapan negara dalam delapan minggu.

Sejak 8 Maret 2012 BII memperluas akses pendaftaran secara manual di 10 kantor cabang, termasuk KC MH Thamrin, Junada dan Fatmawati (Jakarta), KC Martadinata (Bandung), KC Pemuda (Surabaya), KC Basuki Rahmat (Malang), KC Pemuda (Semarang), KC Ahmad Yani (Balikpapan), KC Kaliurang (Yogyakarta), dan KC Makassar.

Dalam penyelenggaraan kegiatan itu, BII dikabarkan mendapat dukungan dari Pemkab Gianyar, Pemkot Denpasar, dan Pemprov Bali, selain induk organisasi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

About these ads

2 responses to “Daftar Pemenang Bali Marathon 2012 Beserta Catatan Waktunya

  1. Pingback: Bank BII Ajak Masyarakat Ikut Lomba Marathon Internasional (BII Maybank Bali Marathon) Di Bali Pada Bulan April 2012 | Informasi Berita Olahraga Terkini

  2. Pingback: Berita Bola Terkini - Unggul 2-0 Dortmund Membela Julukan Bundesliga | RuangKabar.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s