Daftar Pemenang Lomba Lari Jakarta International 10K 2012 dan Catatan Waktu

Pelari-pelari asal Kenya mendominasi gelar juara lomba lari Jakarta International 10K untuk kategori elite internasional baik putra maupun putri, Minggu. Kategori putra, juara pertama, kedua, dan ketiga seluruhnya dimenangi oleh pelari asal Kenya. Silas Kirupto berhasil menjadi juara pertama dengan catatan waktu 29 menit 20 detik. “Saya senang telah diundang untuk mengikuti lomba lari di Jakarta.Semua hal di sini sangat menyenangkan,” ujar Silas saat konferensi pers. Juara kedua ditempati oleh Pius Maiyo Kirop dengan 29 menit 35 detik dan juara ketiga, Patrick Kimeli, dalam waktu 30 menit.

Kategori putri, seluruh gelar juara pertama hingga ketiga pun disabet oleh pelari asal Kenya.

Philes Ongori keluar sebagai juara pertama dengan catatan waktu 33 menit 12 detik. Juara kedua ditempati Eunice Chebichii Chumba dengan waktu 33 menit 17 detik, dan juara ketiga, Peninah Arusei, yang membukukan waktu 33 menit 27 detik. “Terima kasih atas undangannya. Ini pertama kalinya saya datang ke Jakarta. Cuaca di sini cukup panas, tapi saya senang,” kata Philes. Para pemenang mendapatkan medali dan uang sebanyak 5.000 dolar untuk juara pertama, 3.500 dolar untuk juara kedua, dan 3.000 dolar untuk juara ketiga.

Lomba lari Jakarta International 10K kali ini adalah lomba kesembilan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperingati hari ulang tahun ke-485 Provinsi DKI Jakarta. Para pelari Kenya mendominasi Lomba Lari Jakarta Internasional 10 Kilometer yang dilepas Minggu (20/5) pagi, oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pukul 06.30 Wib di Silang Monas Jakarta.

Dikategori Elit Putra Internasional, Peringkat pertama ditempati Silas Kipruto dengan catatan waktu terbaik 29 menit 20 detik, diikuti Pius Maiyo Kirop posisi kedua dan Patrick Kimeli posisi ketiga.

Sedangkan, kategori putri elit Internasional juara direbut pelari Philies Ongori dengan waktu 33 menit 12 detik, diikuti Eunice Chebichi Chumba dan peninah Arusei masing masing diperingkat kedua dan ketiga.

Sementara itu, Juara Kategori Elit Nasional diraih Jauhari Johan dengan waktu tercepat 30 menit 52 detik mengalahkan juara bertahan Agus Prayogo diposisi kedua dan tempat ketiga milik Feri Junaedi.

Usai Pertandingan, pelari Jauhari Johan kepada RRI, Minggu (20/5) mengatakan dirinya bersyukur dapat memenangkan lomba ini dan mengalahkan Agus Prayogo. “Pertama senang yaa, Alhamdulillah dua tahun saya telah menjadi runner up dan kali ini menjadi juara umum elit nasional. Tapi dari catatan terbaik Agus Prayogo masih memegang saya kalah dengan dia selisih dua detik dari tahun lalu. Target saya hanya memperbaiki waktu dari tahun kemarin,” ujar Jauhari Johan pelari asal PASI Sumatera Selatan kepada RRI.

Adapun untuk pemenang kategori putri Elit Nasional, Trianingsih menjadi yang terbaik 34 menit 53 detik disusul Yulianingsih dengan catatan waktu 36:36 dan Ferry Marince Subnaveu dengan catatan waktu 37:18 masing masing posisi kedua dan ketiga. Usai pertandingan Triyaningsih juga mengaku sangat bahagia meskipun dengan catatan waktu yang menurun dari tahun lalu.

“Tahun ini memang agak turun, karena saya minggu depan ada try out lagi. Semoga event ini terus berlanjut karena sangat bagus untuk atlet-atlet muda,” ujar pelari asal Salatiga, Jawa Tengah, itu. Ditempat yang sama, Kepala Bidang olahraga prestasi Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi DKI Jakarta, Tedi Cahyono berharap Lomba lari Jakarta Internasional 10 K semakin tahun semakin baik kualitasnya dan para peserta pun dapat bertambah banyak.

“Harapan saya, harapan kami pengprov DKI Jakarta bahwa Lomba lari Jakarta Internasional 10 K semakin tahun semakin baik dan semakin tahun semakin banyak peserta serta semakin berkualitas.”Jakarta International 10K diikuti sekitar 35 ribu peserta dalam dan luar negeri dengan total hadiah Rp600 juta. Rute yang dilalui Silang Monas Barat Daya-Jalan M.Husni Thamrin-Jalan Jend. Sudirman, lalu kembali melewati ke posisi awal start dengan rute yang sama.

Pelari asal Sumatera Selatan Jauhari Johan dan pelari asal Jawa Tengah Triyaningsih menjuarai lomba lari Jakarta International 10K, Minggu (20/5/2012) kategori elit nasional. Jauhari meraih catatan waktu 30 menit 52 detik dan Triyaningsih mencapai finis dengan waktu 34 menit 53 detik.

Pada kategori elit internasional, pelari Kenya mendominasi. Juara pertama kategori putra direbut oleh Silas Kirupto dengan waktu 29 menit 20 detik dan kategori putri oleh Philes Ongori, 33 menit 12 detik.Tahun lalu pada lomba lari yang sama, Jauhari Johan meraih juara kedua kategori elit nasional putra. Sedangkan Triyaningsih sebagai juara bertahan tahun ini kembali mempertahankan gelarnya. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengungkapkan, ke depan Jakarta International 10K akan ditingkatkan jumlah hadiah uangnya supaya lebih menarik pelari asing. Tahun ini lomba behadiah total Rp 600 juta.

Kehadiran pelari berkostum unik memeriahkan lomba lari Jakarta International 10K 2012, Minggu (20/5/2012) yang diikuti sejumlah 35.000 pelari. Para pelari tersebut berkostum wayang orang seperti Gatutkaca, Hanoman, dan tokoh-tokoh dalam film Hollywood, seperti Flinstones, Smurf, dan Putri Salju. Ada juga yang memakai kostum perawat, kostum gladiator, bahkan kostum ondel-ondel. Sedangkan ribuan pelari lainnya menggunakan kaus berwarna hijau yang dibagikan panitia.

Pelari elit internasional dan elit nasional langsung memimpin di urutan terdepan, sementara pelari “penggembira” tampak ngos-ngosan di kilometer pertama. Berdasar pantauan Kompas, pelari elit nasional Jauhari Johan menempati posisi terdepan kategori elit nasional. Tahun lalu Jauhari meraih juara kedua kategori elit nasional.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s