14 Atlet Indonesia Siap Mengharumkan Nama Bangsa Pada Youth Olympic Games

Sebanyak 14 atlet muda Indonesia dari tujuh cabang olahraga akan mengikuti Youth Olympic Games (ajang olimpiade bagi atlet-atlet muda) di Singapura pada 14-26 Agustus 2010. Indonesia menargetkan mendapat medali dari bulu tangkis dan angkat besi.

Tb Ade Lukman D, Ketua Kontingen Indonesia ke Youth Olympic Games (YOG) 2010, Selasa (10/8) pada acara pelepasan kontingen Indonesia ke YOG, mengatakan, YOG merupakan kejuaraan yang pertama kalinya diselenggarakan. Berlangsung pada 14-26 Agustus 2010 di Singapura, ajang kejuaraan bagi atlet muda itu diikuti 3.600 atlet muda dari 205 negara yang sebelumnya sudah lolos kualifikasi.

Mereka akan berlaga di 26 cabang olahraga yang dipertandingkan. Indonesia mengikuti kejuaraan di tujuh cabang, yaitu renang, bulu tangkis, angkat besi, tenis, taekwondo, panahan, dan balap sepeda.

Ke-14 atlet Indonesia yang akan berlaga di YOG adalah Fibriani Marita Ratna (renang), Pratama Siahaan (renang), Patrisia Yosita Hapsari (renang), Renna Suwarno (bulu tangkis), Evert Sukamta (bulu tangkis), Dewi Sawitri (angkat besi), Zainudin (angkat besi), Grace Sari Ysidori (tenis), Macho Virgonta Hungan (taekwondo), Erwina Safitri (panahan), Elga Kharisma Novanda (balap sepeda), Destian Satria (balap sepeda), Ongky Setiawan (balap sepeda), dan Suherman (balap sepeda). ”Selain aktif mengikuti pertandingan, kontingen Indonesia juga akan berpartisipasi dalam berbagai program kebudayaan dan pendidikan,” ujar Ade.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rita Subowo berkata, dari 14 atlet yang dikirim ke YOG, ia berharap mereka menunjukkan semangat, bertanding dengan percaya diri, dan pantang menyerah. ”Mereka juga harus menunjukkan prestasi di ajang YOG,” ujar Rita.

Gregory J Wilson, Program Manajer Komite Olimpiade Indonesia (KOI) untuk Latihan Fisik menyatakan bahwa melihat perjalanan kualifikasi dan kondisi fisik ke-14 atlet, peluang paling besar bagi Indonesia untuk mendapat medali berasal dari dua cabang olahraga, yaitu dari bulu tangkis terutama dari Evert Sukamta (tunggal putra) dan dari Dewi Sawitri, cabang angkat besi.

Evert Sukamta menyatakan, ia siap berlaga di YOG. Ia merasa lebih percaya diri setelah menjalani masa persiapan selama tiga-empat bulan terakhir. Dari sisi teknik dan fisik, ia merasa siap. Ia melihat ada peluang karena atlet bulu tangkis yang dikirim China, Korea Selatan, ataupun Malaysia setara dengannya.

Kontingen Indonesia akan berangkat ke Singapura pada Kamis (12/8) dan kembali lagi hari Jumat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s