Petenis Besar Dunia Rafael Nadal, Roger Federer, dan Novak Djokovic Maju Ke Cincinnati Masters

Para petenis empat besar dunia, Rabu (18/8), melaju ke putaran ketiga Cincinnati Masters. Rafael Nadal, Roger Federer, dan Novak Djokovic mengalahkan lawan-lawannya dengan straight set, sedangkan Andy Murray harus kehilangan satu set saat melawan Jeremy Chardy.

Pada pertandingan kemarin, hanya unggulan kedelapan, Fernando Verdasco asal Spanyol, yang jadi korban. Di luar dugaan dia dikalahkan petenis peringkat ke-36 dunia, Mardy Fish asal Amerika Serikat, dalam pertandingan yang sangat ketat, dengan skor akhir 7-6 (1), 7-6 (4).

Meski tanpa kesulitan mengatasi perlawanan peringkat ke- 83, Taylor Dent, 6-2, 7-5, unggulan utama Rafael Nadal meminta penyelenggara turnamen untuk konsisten dalam menyelenggarakan pertandingan-pertandingan di lapangan keras. Meski sama- sama berkualifikasi lapangan keras, kondisi lapangan di Cincinnati berbeda dengan turnamen Rogers yang dia ikuti sebelumnya di Toronto, Kanada.

”Sebaiknya pada masa mendatang para penyelenggara turnamen-turnamen bisa membuat lapangan-lapangan lebih serupa,” kata Nadal, yang kurang nyaman karena harus cepat beradaptasi dengan lapangan di Cincinnati yang membuat bola memantul lebih keras.

Ditambahkan, bagi para pemain tentu akan sulit beradaptasi jika hanya dengan persiapan 1-2 hari. ”Jelas ada perubahan besar. Pertandingan pertama selalu sangat berbahaya,” katanya.

Unggulan kedua Roger Federer juga tanpa kesulitan mengatasi lawan asal Uzbekistan, Denis Istomin. Istomin mundur saat kedudukan 5-2 pada set pertama karena cedera pergelangan kaki.

Berbeda dengan Nadal, Federer menganggap kondisi lapangan keras di Cincinnati itu sebagai tantangan yang tidak mudah diadaptasi semua petenis.

”Sekali Anda ikut turnamen, semua kondisi baik saja. Saya suka lapangan (yang memantulkan bola lebih) cepat, tetapi memang sangat sulit untuk menghadapinya pada awal-awal turnamen, khususnya karena sedikitnya lapangan keras seperti ini,” kata Federer.

Unggulan ketiga Novak Djokovic tanpa kesulitan mengatasi rekan senegaranya, Viktor Troicki, 6-3, 7-5. Sementara unggulan keempat Andy Murray yang memenangi set pertama dengan mudah, 6-3, sempat kehilangan irama permainannya pada set kedua sehingga kalah, 6-7 (3). Namun, ia kemudian memenangi set penentuan, 6-2, setelah Chardy meminta rehat medis sejenak untuk mengobati kakinya.

Roddick terus maju

Pada partai lainnya, petenis nomor satu AS, Andy Roddick, juga melaju ke putaran ketiga setelah menundukkan petenis Belanda berusia 21 tahun, Thiemo de Bakker, 7-6 (4), 6-4.

Pada pertandingan berikutnya, dia akan menghadapi petenis Swedia dan peringkat kelima dunia, Robin Soderling. Soderling unggul saat melawan mantan petenis nomor satu Lleyton Hewitt, 4-6, 6-3, 7-5.

Pada turnamen Rogers untuk para petenis putri di Montreal, Kanada, Kim Clijsters dipaksa bermain tiga set oleh lawannya asal AS yang berperingkat ke-101, Bethanie Mattek-Sands, 4-6, 6-4, 6-3. Meski kalah pada set pertama dan ketinggalan 1-4 di set kedua, Clijsters yang dua kali juara AS Terbuka lalu memperbaiki permainannya dengan pukulan-pukulan tajam dan akurat.

Pada putaran ketiga, Clijsters akan menghadapi Kaia Kanepi asal Estonia, yang melaju ke babak ketiga setelah mengalahkan petenis Austria, Sybille Bammer.

Unggulan kedua Caroline Wozniacki juga melaju setelah menghentikan petenis AS, Patty Schnyder, 7-5, 7-5. Dinara Safina juga mengalahkan rekan senegaranya, Nadia Petrova, 7-5, 4-6, 6-4.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s