Kejutan Fabregas Berhasil Meredam Blackpool

Kejutan Blackpool melibas tuan rumah Wigan Athletic 4-0 pekan lalu diyakini sulit terulang di kandang Arsenal pada Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Sabtu (21/8). Kejutan semakin sulit terjadi jika dua pemain kunci Arsenal, Cesc Fabregas dan Robin van Persie, diturunkan.

Fabregas absen ketika Arsenal seri 1-1 di kandang Liverpool pekan lalu karena infeksi tenggorokan. Sementara Van Persie tampil sebagai pemain cadangan pada 15 menit terakhir. Pelatih Arsenal Arsene Wenger, seperti dikutip Telegraph, menyatakan tak ingin terburu-buru memasang dua pemain itu.

”Keduanya bergabung klub 5 Agustus dan Anda membutuhkan tiga sampai empat pekan persiapan untuk bisa tampil bagus di Liga Primer,” kata Wenger. Arsenal tidak diperkuat gelandang Samir Nasri yang absen sebulan karena cedera lutut.

Tanpa Nasri, Fabregas dibutuhkan untuk mengatur alur serangan ”The Gunners”. Kehadirannya bersama gelandang muda Jack Wilshere, Abou Diaby, dan Andrey Arshavin menjanjikan penguasaan maksimal di lini tengah. Jika Fabregas belum siap, Tomas Rosicky yang berperan.

Serangan yang mereka susun juga akan kian tajam jika di lini depan Van Persie diturunkan bersama Marouane Chamakh. Chamakh berperan dalam terciptanya gol bunuh diri kiper Liverpool, Pepe Reina, yang membuat Arsenal bisa mencuri satu poin di Anfield pekan lalu.

Di lini belakang, bek tengah Laurent Koscielny diskors karena kartu merah di Liverpool. Wenger harus memutuskan untuk memilih Johan Djourou yang baru sembuh cedera lutut atau Alex Song yang masih bermasalah dengan otot pahanya.

Wenger sebenarnya berusaha mendatangkan bek tim nasional Perancis, Sebastien Squillaci dari Sevilla, tetapi hampir pasti belum siap tampil lawan Blackpool meski transfernya tuntas sebelum laga tersebut.

Target tak dipermalukan

Terkait lawatan ke markas Arsenal, kubu Blackpool realistis dan tidak bermimpi bakal mampu mengulang kejutan kemenangan 4-0 di Wigan pekan lalu. ”Kami bertandang ke Emirates dan saya berharap, kami tak terlalu dipermalukan karena hal itu sangat mudah terjadi,” kata Ian Holloway, Pelatih Blackpool.

Blackpool salah satu tim promosi yang sebelum musim ini terakhir tampil di Divisi Utama tahun 1971. Holloway mendapatkan bek Israel, Dekel Keinan, bebas transfer dari Maccabi Haifa dan striker Brett Pitman dari klub Divisi I, Bournemouth, seharga 600.000 poundsterling.

Instruksi Ancelotti

Pada laga lain, juara bertahan Chelsea dijamu Wigan, tim yang pekan lalu dilumat Blackpool 0-4. Pertemuan itu mengingatkan laga terakhir musim lalu, saat Chelsea menghajar Wigan 8-0 untuk memastikan gelar juara.

Pelatih Chelsea Carlo Ancelotti tetap meminta pasukannya berkonsentrasi penuh. Tidak ada masalah dengan skuad Chelsea, yang bisa tampil penuh seperti saat melumat West Bromwich Albion 6-0 pekan lalu.

”Sekalipun kami tampil sangat bagus musim lalu, saat itu kami menghadapi masalah pada laga tandang. Kami harus mengubahnya,” tegas Ancelotti.

Selain dua laga itu, ada lima laga lain. Tottenham Hotspur dijamu Stoke City dan dihadapkan masalah lini belakang menyusul cederanya bek Jonathan Woodgate dan kapten Ledley King.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s