Tim Basket Amerika Bertekad Rebut Gelar Juara Dunia Di Turki

Sebanyak 24 tim siap bersaing memperebutkan gelar juara pada Kejuaraan Dunia Bola Basket yang berlangsung di Turki mulai hari Sabtu (28/8) hingga Minggu (12/9). Amerika Serikat bertekad membawa kembali gelar juara dunia tersebut.

Tanpa adanya bintang-bintang basket NBA yang terlibat di kejuaraan dunia kali ini, AS memilih mengandalkan pemain-pemain muda untuk mengembalikan gelar juara dunia bola basket. Tim bola basket Spanyol, Argentina, Serbia, dan Yunani dinilai memiliki peluang untuk memukul tim AS.

Upaya merebut lagi gelar dilakukan karena AS tidak lagi meraih gelar juara dunia pada Kejuaraan Dunia Bola Basket sejak 1994, sementara pada Olimpiade Beijing 2008 AS berhasil merebut medali emas.

Keyakinan AS beralasan. Tim AS didukung sejumlah atlet bola basket yang memperkuat tim olimpiade. Mereka adalah pemain yang keluar dari program nasional seusai musim NBA yang panjang: Lebron James, Dwyane Wade, dan Kobe Bryant. Selain ketiga pemain itu, Pelatih Mike Krzyzewski sengaja memilih lima pemain muda yang berumur di bawah 21 tahun.

”Kami tidak akan bisa mendapatkan pemain yang sama seterusnya. Sama seperti pemain- pemain yang memperkuat tim olimpiade itu, kami berpikir sebagian besar dari tim itu akan dikirim kembali untuk bertarung ke Olimpiade London, tetapi kenyataannya itu tidak terjadi,” ujarnya.

Itu sebabnya, ujar Krzyzewski, ia mulai mengembangkan budaya baru. Turunnya pemain muda yang melengkapi para pemain yang memperkuat tim Olimpiade Beijing diharapkan akan mengembangkan talenta para pemain muda itu.

Pada Kejuaraan Dunia Bola Basket 2010, AS berada satu grup dengan Brasil, Kroasia, Israel, Slovenia, dan Tunisia di Grup B. Grup B akan bertanding di Istanbul, Turki.

Kondisi yang dialami tim AS, yaitu tidak banyak pemain-pemain bagus yang turun, juga dialami beberapa tim yang turun ke kejuaraan dunia 2010 ini. Setelah satu pemain utama Spanyol, Pau Gasol, memilih tidak ikut di kejuaraan dunia, Spanyol turun di kejuaraan dunia dengan kekuatan yang hampir penuh. Kali ini tim Spanyol diperkuat satu bintang masa depan, Ricky Rubio.

Perancis berangkat tanpa pemain garis depannya, termasuk super bintang NBA, Tony Parker. China bertarung tanpa didukung pemain andalnya, Yao Ming, yang masih cedera.

Serbia juga bertarung tanpa pemain bintangnya menyusul keributan yang terjadi antara Serbia dan Yunani di pertandingan pemanasan di Athena, Kamis kemarin. Pemain Serbia, Nenad Krstic, bakal kena sanksi sesudah memukul lawannya, pemain Yunani, dengan kursi.

Apabila Federasi Bola Basket Internasional memberi sanksi kepada Krstic, para runner-up kejuaraan bola basket Eropa mendapat kesempatan untuk menjadi juara. Pada kejuaraan dunia 2010, hanya Yunani dan Argentina yang tidak mengalami pengunduran diri pemain. Kedua tim tiba di Turki dengan kekuatan mengagumkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s