Mark Cavendish Memimpin Sementara Kejuaraan Balap Sepeda Vuelta a Espana

Sprinter Mark Cavendish mengantar timnya menjadi juara etape pertama Vuelta a Espana ke-75 atau Kejuaraan Balap Sepeda Spanyol 2010 yang berlangsung Sabtu (28/8) waktu Sevilla. Dengan kemenangan pada etape pertama itu, Cavendish berhak menggunakan kaus warna merah yang merupakan tanda bagi pemimpin Vuelta a Espana.

Kemenangan Cavendish yang mencapai garis finis dengan waktu 14 menit 6 detik itu sekaligus membuat timnya, HTC-Columbia dari Amerika Serikat, menjadi juara dan pimpinan sementara Vuelta a Espana 2010.

Sementara di urutan kedua, yakni tim dari Italia, Liquigas- Doimo, dan dibuntuti tim asal Denmark, Saxo Bank, yang menjadi juara ketiga.

Seperti diketahui, Vuelta a Espana yang terdiri dari 21 etape tersebut baru akan berakhir pada 19 September mendatang di Madrid, Spanyol. Etape pertama Vuelta a Espana hanya merupakan nomor team time trial (TTT) dengan jarak tempuh 13 kilometer di dalam Kota Sevilla, Spanyol.

Dengan begitu, menjadi menu khusus bagi Cavendish yang merupakan salah satu sprinter terbaik dunia saat ini. ”Nomor ini merupakan favorit saya,” kata pebalap berusia 25 tahun itu.

Kerja tim

”Tetapi, saya merasa malu karena hanya menggunakan kaus merah seorang diri. Seharusnya kaus ini dikenakan oleh sembilan anggota tim Liquigas-Columbia,” tutur Cavendish kepada wartawan.

”Apalagi kami sudah berlatih bersama sejak Kamis lalu. Meski baru berlatih bersama, saya sudah yakin kalau tim kami bakal keluar sebagai juara,” tegas Cavendish.

”Saya juga malu karena harus berdiri di podium juara seorang diri. Padahal, semua ini karena hasil kerja keras tim saya. Itu sebabnya menjadi kebanggaan tersendiri bisa menjadi bagian dari tim yang mampu mempersembahkan kemenangan yang saya peroleh hari ini,” katanya.

Cavendish, yang berasal dari Isle of Man, suatu pulau di Inggris Raya, merupakan orang Inggris kedua yang menjadi juara di Vuelta a Espana. Sebelumnya, Robert Millar menjadi juara pada tahun 1986.

Etape kedua akan berlangsung Minggu (29/8) waktu Alcala de Guadaira menuju Marbella, yang mencapai jarak 173,7 km.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s