Rifat Sungkar Berhasil Kibarkan Merah Putih Dalam Kejuaraan Reli Asia Pasifik Di Noemea

Pereli Rifat Sungkar mampu mengibarkan sang saka Merah Putih di Kota Noemea, Kaledonia Baru, setelah menjadi juara Seri Noemea Kejuaraan Reli Asia Pasifik (APRC) 2010.

”Saya senang bisa mencapai hasil terbaik pada Seri Noemea ini. Tentu dalam dua seri tersisa saya harap bisa mencapai hasil yang sama,” tutur Rifat dari tim Pertamina Premix XP, Minggu (29/8).

”Kami sangat bangga dengan Rifat sebagai juara satu APRC. Dengan begitu, lagu ’Indonesia Raya’ bisa berkumandang di Kaledonia,” kata Sulisto dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kaledonia Baru.

Seperti pada hari kedua (Sabtu, 28/8) kemarin, pasangan Rifat dan Scott Bechwith, navigatornya asal Australia, secara keseluruhan berada pada urutan kedua. Rifat berada di bawah Braden Reeyes, pereli dari Australia. Namun karena Reeyes tidak tercatat sebagai peserta APRC 2010, Rifat dan Bechwith-lah yang berhak naik podium sebagai juara Seri Noemea APRC 2010.

Menabrak

Rifat dan Bechwith, menurut ayahnya, Helmy Sungkar, yang juga mantan pereli Indonesia, hari Minggu sempat menabrak pada special stage (SS) terakhir.

Pada hari terakhir, semua peserta wajib menyelesaikan enam SS dengan total 246,64 kilometer. Berarti semua peserta Seri Noemea harus menyelesaikan 17 SS. Pada hari pertama harus menempuh 4 SS (26 km). Hari keduanya menempuh 9 SS dengan panjang 360,21 km.

”Pada special stage terakhir siang waktu Noemea itulah Rifat mengalami kecelakaan yang memaksa dirinya berikut Bechwith harus mengganti ban kendaraan mereka hingga tiga kali,” tutur Helmy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s