David Lekuta Rudisha Pecahkan Rekor Lari 800 Meter

David Lekuta Rudisha (21), pelari jarak menengah asal Kenya, kembali memecahkan rekor dunia 800 meter putra pada Kejuaraan Rieti, Roma, Italia, Minggu (29/8).

Rekor baru 800 meter yang diciptakan Rudisha di Rieti adalah 1 menit dan 41,01 detik. Kejuaraan tersebut termasuk dalam salah satu seri dari IAAF World Challenge 2010.

Dengan catatan waktu 1 menit dan 41,01 detik tersebut, berarti hanya dalam waktu satu pekan Rudisha sudah mampu memecahkan rekor dunia 800 meter sebanyak dua kali.

Pada hari Minggu (22/8) lalu, ketika mengikuti kejuaraan di Berlin, Jerman, Rudisha juga berhasil memecahkan rekor dunia 800 meter. Rekor dunia 800 meter yang lama atas nama Wilson Kipketer, pelari berdarah Afrika dengan kewarganegaraan Denmark.

Di Berlin, Rudisha mampu mencapai finis dengan waktu 1 menit dan 41,09 detik. Tentu catatan waktu tersebut merupakan rekor baru atas catatan rekor Kipketer yang telah bertahan selama 13 tahun, yakni 1 menit dan 41,11 detik. Rekor Kipketer itu tercipta di Kejuaraan Dunia Atletik 1997 Athena, Yunani.

”Saya tahu betul, saat ini saya dalam kondisi terbaik. Betul-betul kondisi saya saat ini sungguh sempurna,” tutur Rudisha yang sudah merupakan juara pada nomor spesialisnya tersebut, sejak di Kejuaraan Dunia Atletik Yunior Beijing 2008.

” Itu sebabnya, saya juga sudah memperkirakan kalau saya dapat memecahkan rekor lagi dalam waktu tujuh hari saja,” tutur Rudisha yang memberikan hadiah terbaik untuk pelaksanaan ke-40 tahun kejuaraan di Rieti.

”Saya selalu memperoleh kenangan manis dari Rieti karena penontonnya yang selalu menyambut hangat kehadiran saya. Mereka juga selalu memberikan dukungan kepada saya. Itu sebabnya, rekor dunia ini saya dedikasikan kepada mereka semua,” tambah Rudisha.

Tetap berlatih

Sekalipun sudah mampu memecahkan rekor dunia hanya dalam waktu tujuh hari, Rudisha masih ingin berlatih terus.

”Pulang nanti, saya masih akan tetap berlatih. Karena saya harus benar-benar menyiapkan diri agar saya bisa kembali membuat rekor lagi di Kejuaraan Dunia Atletik 2011 yang akan berlangsung di Korea Selatan,” tegas Rudisha yang berasal dari Kovai, di Distrik Trans Mara, Kenya.

Rekor dunia Rudisha di Rieti tersebut merupakan rekor dunia kedelapan yang tercipta di kejuaraan atletik Italia yang telah berlangsung selama 40 tahun itu.

Rekor dunia terakhir yang tercipta di Rieti adalah rekor dunia 100 meter yang dibuat Asafa Powell pada tahun 2007. Saat itu sprinter asal Jamaika itu membuat rekor 9,74 detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s