Sumbangsih Pelatih Revolusioner Mou Belum Jelas Buat Real Madrid

Debut ”Mou” Jose Mourinho sebagai Pelatih Real Madrid belum mulus setelah hasil revolusinya ditahan 0-0 oleh Real Mallorca, Minggu (29/8). Seusai laga, Mou menyebut timnya belum selesai dibentuk, berbeda dari tim matang Barcelona yang menang 3-0 atas Racing Santander.

Kehadiran Mourinho, yang musim lalu memberi tiga gelar (treble) bagi Inter Milan, mencuatkan harapan bagi pendukung Madrid bahwa ia mampu menghentikan dominasi Barcelona pada dua musim terakhir. Ia mencoba melakukan revolusi di klub raksasa itu, antara lain dengan menurunkan pemain tidak berdasarkan harga transfer, prestise, status, atau kebintangan.

Revolusi ini terlihat dari susunan pemain timnya melawan Mallorca di Stadion Iberostar. Para pemain rekrutan baru langsung dimainkan, seperti bek Ricardo Carvalho, gelandang Angel Di Maria, Sergio Canales, serta dua debutan asal Jerman, Sami Khedira dan Mesut Oezil.

Mereka mendominasi penguasaan bola, tetapi belum benar-benar ”klik” sehingga gagal mencetak gol. Peluang striker Gonzalo Higuain tiga kali dimentahkan kiper Mallorca, Dudu Aouate. Mengingat Mourinho dikenal sosok pragmatis yang menempatkan kemenangan timnya di atas segala-galanya, hasil seri itu sama artinya dengan kegagalan debutnya di La Liga.

Soal itu, Mourinho melontarkan alasannya. ”Tak seorang pun boleh mengatakan kami tidak membuat peluang gol. Kami habiskan waktu di area permainan mereka dan mencetak tiga atau empat peluang gol yang bagus,” kata pelatih asal Portugal itu.

”Ada perbedaan besar antara produk yang telah matang (Barcelona) dan tim yang masih dibentuk seperti kami,” lanjut pelatih yang biasa dijuluki ”Mou” itu. Barcelona, yang juga menjalani laga tandang, menang meyakinkan, 3-0, atas Racing di El Sardinero, lewat gol Lionel Messi, Andres Iniesta, dan David Villa.

Plus-minus Mourinho

”Dari segi positif, kami tidak banyak diserang dan tak bermasalah di pertahanan. Negatifnya, hanyalah tentang skor akhir. Saya kecewa. Dengan banyaknya peluang, kami tidak bisa mencetak gol,” kata Mourinho.

Hasil seri Madrid-Mallorca itu ironis jika melihat perbedaan kekuatan ekonomi kedua klub. Musim ini Madrid menghabiskan 80 juta euro (sekitar Rp 916 miliar) untuk berbelanja pemain plus hampir 100 juta euro (sekitar Rp 1,14 triliun) untuk mendatangkan Mourinho dan stafnya.

Sebaliknya, Mallorca tim dilanda krisis keuangan hingga masuk dalam pengawasan atau administrasi. ”Sebagian pemain kami ada yang selama ini hanya melihat pemain Madrid melalui televisi,” kata Michael Laudrup, Pelatih Mallorca.

Pada babak pertama, Madrid turun dengan formasi 4-2-3-1. Higuain ujung tombak, ditopang Cristiano Ronaldo (kiri), Canales, dan Di Maria (kanan). Xabi Alonso dan Lassana Diarra gelandang bertahan. Di lini belakang, Alvaro Arbeloa (kanan), Carvalho, Sergio Ramos, dan Marcello (kiri).

Awalnya formasi itu menjanjikan. Setelah mejan lebih dari satu jam, Mourinho coba mengubah formasi menjadi 4-4-2 dengan memasukkan Karim Benzema dan Oezil—menggantikan Di Maria dan Canales—serta Khedira menggantikan Arbeloa.

Namun, bukan pola 4-2-3-1 atau 4-4-2 yang menjadi masalah di tubuh Madrid. ”Banyak hal masih harus diperbaiki, tetapi saya suka tim ini,” ujar Iker Casillas, kiper Madrid.

Debut manis Villa

Debut Mourinho yang tak mulus itu kontras dengan debut striker Barcelona, David Villa. Pemain yang dibeli 40 juta euro dari Valencia ini menyumbang satu gol dari kemenangan 3-0 Barcelona atas Racing, dengan sundulan menit ke-62.

Dua gol lain diceploskan dengan cantik oleh Lionel Messi menit ke-3 dan Andres Iniesta menit ke-33. ”Dia (Villa) gembira karena belum pernah mencetak gol di El Sardinero (stadion markas Racing) dan sungguh menginginkannya,” kata Victor Valdes, kiper Barcelona.

Valdes menggagalkan satu penalti tuan rumah. Dengan kemenangan itu, tim asuhan Pelatih Pep Guardiola menjaga jarak selisih dua poin dengan rival beratnya, Real Madrid.

Pada laga lain, juara Divisi II, Real Sociedad, merayakan kembalinya mereka ke La Liga setelah tiga tahun absen dengan memukul klub tamu, Villarreal, 1-0. Mereka satu-satunya tim promosi yang menang pada laga pembuka. Dua tim promosi lain, Levante dan Hercules, takluk pada Sabtu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s