Penampilan Tim Nasional Sepakbola Indonesia Belum Maksimal

Penampilan tim nasional Merah Putih belum memuaskan meskipun menang 4-1 saat uji coba melawan Persita Tangerang. Para pemain timnas kesulitan mengembangkan permainan untuk menembus pertahanan Persita yang solid.

Bahkan, pada 30 menit pertama para pemain timnas sering dibuat kelabakan oleh serangan cepat tim berjuluk ”Laskar Cisadane” itu. Pertandingan berlangsung 4 x 30 menit. Gol tim Merah Putih dicetak oleh M Ridhuan dan Arif Suyono yang masing-masing memborong dua gol. Persita memperkecil ketertinggalan melalui tendangan penalti Dario Batala.

Tiga gol tim Merah Putih tercipta dari kemelut gawang dan tendangan bebas. Keempat gol itu bukan tercipta dari koordinasi serangan yang rapi dan kompak. ”Ini masih jauh dari yang saya harapkan. Sangat jauh,” tegas Riedl.

Ia menilai, para pemain membutuhkan peningkatan kondisi fisik sekitar 40-50 persen lagi untuk bisa tampil lebih baik dan agresif. Demikian juga dengan keterampilan pemain dalam mengolah bola dan menerapkan strategi. Riedl juga akan memangkas sejumlah pemain untuk diisi oleh pemain lain di pemusatan latihan tahap kedua.

Pada 30 menit pertama, Riedl menurunkan duet penyerang Bambang Pamungkas dan Yongki Aribowo. Di lapangan tengah dipasang pemain sayap kanan M Ridhuan, Firman Utina di tengah, dan Atep di sayap kiri. Sementara Ahmad Bustomi dipasang lebih ke belakang di antara barisan tengah dan belakang. Riedl memasang empat pemain bertahan, yaitu Benny Wahyudi, Maman Abdurrahman, Ricardo Salampessy, dan Zulkifli.

Di awal babak pertama, Persita langsung melancarkan serangan cepat dan memaksa para pemain timnas bertahan. Timnas bahkan tidak bisa mengembangkan permainan. Penguasaan bola pun lebih dikuasai oleh pasukan Elly Idris yang menciptakan sejumlah peluang gol.

Sayap kanan Persita, Dedy Mulyadi, yang musim lalu membela Persitara Jakarta Utara, pergerakannya yang cepat dan lincah menggocek bola sering lolos dari penjagaan bek kiri Benny Wahyudi. Dedy beberapa kali menerobos kotak pertahanan timnas untuk melepaskan umpan ke penyerang Brima Pepito yang diboyong dari Persema Malang. Sayang tendangan Pepito masih melambung di atas gawang.

Pelatih Persita, Elly Idris, yang bermain dengan pola 3-5-1, menurunkan kiper Rifky Mokodompit yang sempat dipanggil Riedl ikut seleksi timnas. Barisan pertahanan diisi oleh Rohmad, Luis Edmundo, dan Firdaus. Lapangan tengah dipercayakan kepada Basile, Maman, Lingga, Tommy di sayap kiri dan Dedy Mulyadi di kanan. Penyerang berpostur tegap Pepito dipasang sebagai penyerang tunggal.

Menit ke-25 bek kiri timnas, Benny Wahyudi, diganti M Nasuha. Pemain Persija Jakarta itu lebih disiplin dalam bertahan untuk menjaga pergerakan Dedy Mulyadi yang sering menembus pertahanan dari sayap kanan.

Pada 30 menit kedua, timnas mulai bangkit mengimbangi agresivitas para pemain Persita. Serangan dibangun melalui kombinasi bola datar dan lambung. Namun, pertahanan Persita yang disiplin masih sulit ditembus oleh timnas. Saat bertahan, dua gelandang turun membantu tiga pemain bertahan sehingga memungkinkan penjagaan satu pemain timnas lawan dua hingga pemain Persita.

Pada akhir 30 menit kedua, Ridhuan memupus kebuntuan dengan melesakkan gol ke gawang Persita. Pergerakan Ridhuan tidak terkawal di tengah kemelut di muka gawang. Dua menit kemudian, Ridhuan kembali membobol gawang Persita memanfaatkan bola pantul.

Pada 30 menit ketiga, Riedl menurunkan formasi pemain belakang Tony Sucipto, Yesaya Desnam, Nova Arianto, dan M Nasuha. Lini tengah dipercayakan kepada Habel Satya, Doni Siregar, Eka Ramdani, dan Arif Suyono. Riedl memasangkan M Isnaini dan Jaya Teguh Angga di lini depan.

Persita memperkecil ketertinggalan pada akhir 30 menit ketiga, tetapi Arif Suyono memperbesar keunggulan timnas di 30 menit keempat, 4-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s