David Lopez dari Tim Caisse d’Epargne Menjuarai Etape XI Vuelta a Espana 2010

David Lopez dari tim Caisse d’Epargne memastikan diri sebagai pebalap tercepat di Etape ke-9 lomba balap sepeda Vuelta a Espana 2010, Minggu (5/9). Ia finis terdepan dengan catatan waktu lima jam 20 menit 51 detik untuk menempuh jarak sejauh 187,7 kilometer.

Menyusul di posisi dua adalah pebalap dari Roman Krauziger dari Tim Liquigaes-Doimo enam detik di belakangnya. Posisi ketiga Giampolo Caruso dari Tim Katusha, 13 detik di belakangnya. Selain pebalap tercepat, di Etape ke-9 ini Gonzalo Rabunal Rios dari tim Xacobeo-Galicia berhasil memastikan diri sebagai raja tanjakan di lima dari tujuh tanjakan yang menghiasi Etape ke-9 dengan 23 poin.

Tujuh tanjakan

Di Etape ke-9 balapan sepeda Spanyol Vuelta a Espana, para pebalap menempuh rute sejauh 187,7 kilometer dari Calpe yang merupakan kota turis di dataran rendah menuju Alcoy yang terletak di perbukitan dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Di antara dua kota itu, para pebalap disuguhi tujuh tanjakan yang pastinya merupakan ajangnya para sprinter.

Kesulitan pertama muncul di kilometer 66 di mana tanjakan berkategori 2, Coll de Rates sudah menyambut para pebalap. Sesudahnya para pebalap kembali harus menaklukkan tanjakan Alto de Guadalest, tanjakan berkategori 2, Alto de Confrides kategori 3, Alto de Tudons kategori 2, Puerto de Torremanzanas kategori 2, Puerto de Benifallim kategori 3, dan Alto del Revolcat kategori 3. Tanjakan Revolcat ini terletak sekitar tujuh kilometer menjelang garis finis.

Calpe baru pertama kali ini menjadi rute lomba balapan sepeda setelah 35 tahun penyelenggaraan balapan Vuelta a Espana. Membalap dalam suhu 32 derejat Celcius, sebanyak empat pebalap sudah mendahului rombongan. Di kilometer 45, tepatnya di daerah Ondara, tiga pebalap berhasil mencuri poin sprint. Mereka adalah David Moncoutie, Enrico Gasparotto, dan Carlos Llamazales Barredo. Usai poin sprint pertama, balapan dipimpin rombongan delapan pebalap. Mereka melaju dengan kecepatan 51 kilometer per jam.

Tanjakan pertama berkategori dua, Coll de Rates, mereka capai setelah satu jam mengayuh. Tiga pebalap tercatat merebut poin tanjakan. Mereka adalah Gonzalo Rios Rabunal, David Moncoutie, dan Jean-Christophe Peraud.

Usai tanjakan, para pebalap menuruni tanjakan Coll de Rates dan kembali mendapat kesempatan mencuri poin di intermediet sprint kedua. Dario Cataldo, Perrig Quemeneur, dan Javier Abeja Ramirez berturut-turut mencuri poin sprint.

Petacchi yang cedera di Etape 8 Sabtu kemarin, di Etape ke-9 ini ia undur diri dan tidak melanjutkan membalap di kilometer 50 bersama-sama dengan pebalap Bbox Bouygues Telecom Freddy Bichot. “Lengan saya sangat sakit. Saya tidak tahu sampai sejauh mana lagi saya bisa membalap,” ujar Petacchi.

Berturut-turut sejak tanjakan pertama hingga tanjakan kelima, Gonzalo terus memastikan diri di posisi terdepan. Diantaranya termasuk tanjakan tertinggi di Etape ke-9, Alto de Tudons yang berada di ketinggian 1.030 meter di atas permukaan air laut.

Menjelang tanjakan keenam, Gonzalo mulai kelelahan. Ia tersusul rombongan pebalap. Di tanjakan keenam, ia berada di posisi dua dan di tanjakan tujuh, Gonzalo tercatat ada di posisi

Namun, Igor Anton Igor dari tim Euskaltel-Euskadi tetap menjadi pemegang jersey merah atau tanda sebagai pebalap tercepat di klasemen umum. Ia menyelesaikan Etape ke-9 dengan catatan waktu 37 jam 56 menit 42 detik. di posisi dua adalah Joaquin Rodrigues dan di posisi ketiga adalah Vincenso Nibali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s