Sriwijaya FC Menjadi Juara Turnamen Inter Island Indonesia Setelah Mengalahkan Persiwa

Sriwijaya FC menjuarai Turnamen Inter Island setelah mengalahkan Persiwa Wamena, 2-0 (1-0), di partai pamungkas di Stadion Jakabaring, Palembang, Minggu (5/9). Kedua gol Sriwijaya, tim yang kini dilatih Ivan Kolev, dicetak Park Jung-wan dan Budi Sudarsono.

Persiwa memberikan perlawanan berarti, tetapi akhirnya gagal meredam tim tuan rumah. Pengawalan ketat Persiwa terhadap pemain Sriwijaya tak mampu meredam aksi anak-anak Sriwijaya untuk memetik kemenangan di depan para pendukungnya.

Kedua tim bermain dengan tempo tinggi dan saling menyerang, tetapi Sriwijaya FC lebih dulu mendapatkan peluang emas melalui tendangan Park Jung-wan di menit 10. Tetapi, kiper Persiwa, Galih Firmansyah, dapat membaca arah tendangan Park sehingga peluang itu menjadi mentah. Sriwijaya FC terus menekan Persiwa dengan membuat banyak variasi serangan, tetapi serangan Sriwijaya FC beberapa kali dapat dipatahkan di lapangan tengah. Bahkan, sebuah peluang gol untuk Persiwa melalui serangan balik di menit ke-15 hasil tendangan Alan Arronggear dari arah kiri gawang.

Gol pertama Sriwijaya FC akhirnya terjadi pada menit ke-19 oleh Park Jung-wan setelah mendapat umpan menyilang dari sang kapten Mahyadi Panggabean. Park, yang tinggal berhadap-hadapan dengan kiper Galih Firmansyah, tanpa kesulitan menceploskan bola dalam jarak dekat.

Menit ke-24, Sriwijaya kembali mendapat peluang emas, tetapi gagal diselesaikan oleh Budi Sudarsono. Setelah tertinggal 1-0, Persiwa lebih cenderung bertahan yang membuat pemain Sriwijaya FC kesulitan menembus jantung pertahanan Persiwa.

Budi Sudarsono nyaris menambah satu gol lagi untuk tuan rumah saat perpanjangan waktu babak pertama. Budi yang tidak dikawal pemain Persiwa mendekati gawang dari sektor kanan, tetapi tendangan Budi terlalu lemah. Masih di perpanjangan waktu, tendangan Park Jung-wan berhasil menggetarkan jala Persiwa, tetapi hakim garis sudah mengangkat bendera. Kedudukan tetap 1-0 untuk ”Laskar Wong Kito” sampai babak pertama berakhir.

Kartu merah

Di babak kedua, Sriwijaya tetap dengan tempo tinggi menekan Persiwa yang di babak sebelumnya menahan imbang Arema Malang sehingga lolos ke partai puncak. Tekanan gencar yang dipertahankan Sriwijaya ini menghasilkan gol kedua lewat tendangan mantan penyerang nasional Budi Sudarsono di menit ke-62, 2-0.

Akan tetapi, Budi sendiri harus membayar mahal atas aksinya yang terlalu bersemangat sehingga menampilkan permainan keras. Budi sempat bersitegang dengan pemain Persiwa Zaza Zecevic yang berbuntut dengan pemukulan Budi terhadap lawannya tersebut.

Wasit akhirnya mengkartumerahkan Budi di menit ke-80.

Bermain dengan sepuluh pemain, tidak membuat Sriwijaya kendur. Mereka tetap menjaga tempo permainan, dan menahan gempuran Persiwa di sepuluh menit terakhir. Dengan keberhasilan ini, Ivan Kolev boleh tersenyum karena kehadirannya langsung menghadirkan gelar pertama bagi Sriwijaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s