Pertandingan Argentina Vs Spanyol Merupakan Uji Coba Kelihaian Batista

Laga antara Argentina dan Spanyol bukan sekadar persahabatan di antara dua tim besar. Laga ini merupakan ujian bagi pelatih sementara tim Argentina, Sergio Batista, apakah dirinya layak membesut tim ”Tango”. Laga ini sekaligus pencarian kembali identitas ”La Albiceleste”.

Batista yang mengisi posisi Diego Maradona akan mempertaruhkan kredibilitasnya sebagai calon pelatih tim nasional Argentina pada laga di Stadion River Plate Monumental, Selasa (7/9) pukul 17.00.

Ia butuh hasil bagus sebelum diputuskan sebagai pelatih timnas oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) bulan depan. Presiden AFA Julio Grondona mengatakan, Batista akan dipilih kecuali muncul masalah besar.

Bekas gelandang yang bersama Maradona menyabet Piala Dunia 1986 itu diberi tahu AFA bahwa hasil laga melawan Spanyol akan sangat memengaruhi kepercayaan kepadanya. Batista harus menundukkan ”La Furia Roja” yang bertarung dengan gigih demi nilai kebanggaan dan martabat sebagai juara dunia.

Batista memastikan ”Albiceleste” bakal menyerang. Ia akan memasang Lionel Messi, Carlos Tevez, dan Diego Milito sebagai ujung tombak.

Perubahan yang dia lakukan dari skuad Maradona adalah memanggil bek senior Javier Zanetti, gelandang bertahan Esteban Cambiasso, serta pengatur serangan Andres D’Alessandro. Ketiga pemain itu tak dipanggil Maradona di Piala Dunia 2010.

D’Alessandro tampil bagus di klub Internacional dan membawa tim Brasil itu merebut Copa Libertadores bulan lalu. Batista juga memanggil bek Barcelona, Gabriel Milito, yang juga ditinggalkan Maradona. ”Ini akan jadi pertandingan menarik. Kami melawan juara dunia,” ujar Gabriel.

Strategi menyerang yang diambil Batista tidak lain untuk mengembalikan gereget penampilan tim ”Tango” setelah ditekuk

Jerman 0-4 di perempat final Piala Dunia 2010. Setelah kekalahan itu, ia membawa Argentina menang 1-0 atas Irlandia bulan lalu. Tren positif itu coba dipertahankan saat melawan Spanyol.

”Kedua timnas ini (Argentina dan Spanyol) memiliki pemain- pemain bola yang bagus, para penyerangnya setara. Gaya permainannya mirip. Argentina mampu bermain seperti Spanyol dengan mudah,” ujar Batista.

Cambiasso menilai strategi Batista untuk mengadopsi identitas permainan Spanyol dengan menguasai bola selama mungkin harus dilakukan. Argentina memiliki pemain yang bisa melakukannya. Mereka tidak boleh menyerah sebelum berusaha bermain seperti Spanyol.

Timnas Spanyol sudah tiba di Argentina hari Minggu. Para pemain, seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandes, Iker Casillas, David Villa, dan Fernando Torres, berlatih di Stadion Boca Juniors.

”Kami akan bermain layaknya tim besar, tetapi kami akan tetap mempertahankan filosofi yang sama yang membawa kami sukses,” ujar bek kanan Real Madrid, Sergio Ramos, yang memastikan Spanyol akan memainkan gaya tiki taka yang belum terkalahkan itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s