23 Atlet Karate SEA Games Indonesia Berangkat ke Belgrade

Menyadari perlunya menambah jam terbang karateka-karateka yang tergabung dalam tim nasional SEA Games 2011, Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia akan mengirim 23 atlet ke Belgrade, Serbia. Mereka bakal mengikuti Kejuaraan Dunia Senior Karate yang berlangsung pada 27-31 Oktober 2010.

Manajer Pelatnas Karate SEA Games 2011 Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (PB Forki) Zulkarnaen Purba, Jumat (8/10), mengatakan, ke-23 atlet itu terdiri atas 8 atlet kata dan 15 atlet kumite. ”Mereka akan berangkat dengan disertai lima pelatih dan saya selaku manajer tim,” ujar Zulkarnaen.

Zulkarnaen menuturkan, para karateka yang tergabung dalam tim nasional SEA Games 2011 mengikuti pelatnas sejak Mei 2010. Mereka juga sudah beberapa kali mengikuti kejuaraan karate. Salah satunya yang baru saja diikuti adalah Kejuaraan Indonesia Terbuka II-2010 di Bali, 24-29 September 2010.

Namun, ujar Zulkarnaen, meski sudah ikut beberapa kejuaraan, PB Forki berpikir masih perlu menambah jam terbang mereka. Ke-23 atlet itu akan mengikuti sekitar 15 nomor di kejuaraan dunia yang terdaftar di kalender Federasi Karate Dunia (WKF) itu. PB Forki menargetkan karateka-karateka Indonesia paling tidak bisa masuk delapan besar hingga empat besar.

Penambahan jam terbang itu juga merupakan upaya PB Forki untuk mendukung Indonesia menjadi juara umum di SEA Games XXVI/2011. Jadi hasil dari kejuaraan dunia tersebut akan menjadi bahan evaluasi pelatih dan manajer mengenai kesiapan para atlet.

Ketua Umum PB Forki Hendardji Soepandji menyatakan, untuk atlet-atlet Asian Games 2010 yang gagal berangkat ke Austria Terbuka, PB Forki memilih tidak mencarikan alternatif kejuaraan lain. Namun, PB Forki terus menyiapkan mereka. Mereka di antaranya berlatih bersama atlet-atlet yang akan dikirim ke SEA Games 2011

One response to “23 Atlet Karate SEA Games Indonesia Berangkat ke Belgrade

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s