Nadal Diunggulkan Di London

Peringkat pertama dunia, Rafael Nadal, memiliki segenap kemampuan untuk melampaui prestasi Roger Federer yang memenangi 16 titel utama. Kesempatan besar menanti Nadal di London, turnamen akbar yang mempertemukan delapan petenis terbaik dunia akhir November ini.

Andy Murray, peringkat kelima dunia, mengatakan hal itu, Rabu (17/11), dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan di Spanyol. ”Musim ini, ia (Nadal) membuktikan satu langkah besar untuk terus maju. Ia mampu mematahkan rekor mana pun yang saat ini ada,” katanya.

Menurut Murray, semuanya yang diraih Nadal akan sangat bergantung pada kemampuan fisiknya, dibanding permainan tenis itu sendiri. ”Jika ia terus sehat, seperti pada waktu setengah tahun terakhir di tahun ini, ia akan berada pada langkah yang benar untuk menyalip Roger Federer, dibandingkan siapa pun juga,” tuturnya pada harian olahraga Marca.

Murray melanjutkan, sulit untuk mengatakan Nadal adalah petenis terbaik sepanjang masa. Namun, tidak diragukan lagi bahwa Nadal adalah satu di antara dua atau tiga pemain terbaik dalam sejarah.

”Ia memenangi empat titel mayor, lalu Piala Davis, juga medali emas olimpiade. Dan, saat ini ia masih berusia 24 tahun,” sambung Murray.

Nadal memang diunggulkan di posisi pertama pada turnamen di London, turnamen bergengsi di akhir tahun ini. Sejauh ini, Nadal memenangi sembilan gelar utama atau grand slam. Tujuh gelar lagi didapat, Nadal akan menyamai rekor Federer. Jika melihat usia Nadal yang lima tahun lebih muda dibandingkan Federer, besar kemungkinan ia mampu seperti Federer.

Pada awal tahun ini, Nadal menjadi petenis ketujuh di dalam sejarah yang meraup titel grand slam dengan lengkap. Empat gelar paling utama di dunia ia rengkuh, yakni di AS Terbuka, Perancis Terbuka, Australia Terbuka, dan Wimbledon. Posisinya sebagai pemegang posisi pertama dunia juga belum bisa direbut kembali hingga tahun ini hampir berakhir. Bahaya yang mengintai hanyalah jika Federer memenangi turnamen di London ini.

Bersama Djokovic

Nadal pada turnamen di London ini berada di Grup A bersama peringkat ketiga dunia asal Serbia, Novak Djokovic, petenis asal Ceko, Thomas Berdych, dan petenis Amerika Serikat, Andy Roddick.

Adapun peringkat kedua Roger Federer berada di Grup B bersama petenis Swedia, Robin Soderling, yang kini berperingkat keempat dunia. Federer juga satu grup dengan Andy Murray, yang peringkatnya digeser Soderling, dan David Ferrer asal Spanyol.

Melihat pertempuran di London nanti, bekas petenis nomor satu dunia, John McEnroe, mengatakan, kebesaran Federer tidak bisa dibandingkan dengan Nadal jika membandingkan keduanya sebagai atlet.

Ada beberapa pandangan impresif di jagat olahraga, selain memandang kebesaran seorang Federer secara keseluruhan. McEnroe bilang, satu-satunya rival Nadal dalam masalah keatletan adalah rekan berlatihnya, Bjorn Borg.

”Dua atlet yang paling besar sepanjang masa adalah Bjorn Borg dan Rafael Nadal. Federer adalah satu di antara pemain paling luar biasa yang pernah ada. Namun, sebagai atlet, ia tidak sebagus dua petenis yang saya sebut tadi,” kata McEnroe saat jumpa pers di Doha, Qatar.

Lepas dari pendapat McEnroe, Federer tetap dengan keyakinannya untuk menang di turnamen di O2 Arena, London. Ia merasa kondisi fisiknya sempurna. Setelah kalah di Paris Masters, Federer pulang ke Swiss untuk berlatih sebelum bertolak ke London. ”Saya optimistis bisa menang di London,” katanya di Paris.

Nadal pun kini dalam kondisi tubuh sangat bugar setelah kehilangan kesempatan di Paris Masters karena cedera bahu. Ia mengonfirmasi keadaannya yang baik-baik saja.

Borg, lima kali juara Wimbledon, yang diwawancarai di Doha, meyakini, Nadal mampu menjaga dominasinya hingga musim yang akan datang. ”Ia (Nadal) akan tetap di sana (peringkat pertama). Ia bisa menjaga untuk waktu lama,” kata Borg.

Nadal lebih diunggulkan. Namun, Federer bukan lawan sembarangan. Federer awal bulan ini memenangi 65 kali turnamen ATP. Ia menggeser rekor Pete Sampras, tetapi masih harus melewati Jimmy Connors, Ivan Lendl dan McEnroe untuk rekor terbanyak sepanjang masa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s