Ranking Sepakbola FIFA Indonesia Jatuh Disalip Timor Leste dan Bhutan

FIFA telah memperbaharui peringkat negara-negara pesertanya untuk edisi Agustus 2015. Banyak perubahan mengejutkan, baik di papan atas dan juga bawah. Di peringkat atas, Cile berhasil kembali masuk sebagai 10 negara teratas menurut FIFA. Hal ini juga dikarenakan kemerosotan tajam yang dialami Belanda yang terjun tujuh peringkat dari tempat ke-5 menuju 12.

Namun, apa yang terjadi kepada Belanda itu bukan yang terbesar. Negara yang mengalami keterpurukan paling besar adalah Serbia yang turun 23 anak tangga ke posisi 66. Sedangkan yang terbaik dimiliki Jamaika yang naik 21 tempat ke posisi 55. Selain Belanda, di peringkat 10 besar ada Jerman yang juga mengalami kemunduran. Juara dunia 2014 itu berhasil disalip Belgia untuk menemani Argentina di posisi puncak.

Sedangkan bagi Indonesia yang saat ini tengah dijatuhi sanksi oleh FIFA kembali mengalami kemunduran satu tempat ke posisi 165. Meskipun masih berada di atas Malaysia (168), akan tetapi secara mengejutkan posisi tim Garuda berhasil disalip Timor Leste (163) dan Bhutan (164) yang naik dua peringkat.

FIFA resmi merilis peringkat terbaru per 9 April 2015. Berdasarkan rilis terbaru itu, Indonesia turun tiga tingkat ke level 159 dunia. Di level Asia, Indonesia menempati peringkat ke-30, sedangkan untuk level Asia Tenggara, pasukan Merah-Putih berada di urutan keenam di bawah Vietnam (125), Filipina (139), Thailand (142), Timor Leste (152), dan Myanmar (158).

Kejutan ditunjukkan oleh Bhutan. Negara di Asia Tengah itu melejit 46 tingkat dan menempati posisi 163 dunia. Untuk level Asia, Bhutan yang bersinar di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 itu hanya terpaut dua peringkat. Kini, Australia yang menjuarai Piala Asia 2015 tak lagi menduduki posisi tertinggi. Posisi mereka direbut Irak yang naik dua tingkat (40). Sementara itu, posisi terendah Asia diduduki Mongolia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s